Rabu, 28 Maret 2012

Tugas Dasar Pemasaran


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang tekstil.sang pemilik adalah seorang bidan yang memiliki lisensi dan tempat praktek, namun karena dia memiliki waktu senggang dan modal,dan juga diiringi dengan hobi merancang pakayan, dia berinisiatif untuk membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil.

Sang pemilik memilih tempat dekat dengan praktek bidannya agar dia bisa mengawasi para pekerja dan juga dapat dengan mudah mencari para pengrajin dari masyarakat sekitar yang mempunyai kemampuan dalam membuat dan merancang pakayan.unutk saat ini dia sudah memiliki 20 orang pengrajin yang diberi peralatan menjahit perorangan, 1 orang accounting, 5 orang distributor, dan 10 peralatan lainnya yang menunjang dalam pembuatan pakayan.

Dia menyewa sebuah tempat di kawasan pusat ibukota yang digunakan untuk memasarkan produknya. Selain itu dia memanfaatkan pasar kaget dan pasar malam untuk mempromosikan barang dagangannya. Target produknya adalah kaum pemuda yang ingin tampil kren.

Analisis SWOT

1.Strength/Kekuatan
a.       Lokasi pemasaran di berbagai tempat yang memungkinkan untuk memaksimalkan pemasaran produk
b.       Harga produk relativ murah
c.       Desain yang inovatif
d.      Modal yang dimiliki cukup besar
e.       Pengrajin memiliki kemampuan yang baik

2.Weaknes/Kelemahan
a.       Keterbatasan jumlah karyawan
b.      Keterbatasan jumlah barang yang dapat di produksi

3.Oppurtunities/Peluang
a.       Produk disukai oleh kaum remaja
b.      Memiliki wilayah pemasaran yang strategis
c.       Memiliki interior toko yang unik

4.Threats/Ancaman
a.       Banyaknya orang yang memplagiat desain produk
b.      Competitor yang memiliki barang yang lebih banyak
c.       Konsumen yang lebih memilih barang bermerek
d.      Sulitnya mendapat barang baku yang berkualitas

enviromental Scaning

A.lingkungan yang bisa kita kendalikan

1.Internal Environment
a.       Jumlah gaji karyawan
b.      Perekrutan karyawan yang sudah memiliki skil
c.       Desain produk yang akan diluncurkan
d.      Interior toko

2.Task Environment
a.       Menarik konsumen dengan cara memasang spanduk dan brosur
b.      Memberikan gaji yang memuaskan agar dapat merekrut karyawan yang memiliki kemampuan

B.Lingkungan exsternal yang dapat mempengaruhi perusahaan

1.Task Environment
a.       Harga dipengaruhi oleh harga bahan baku dan pajak
b.      Keputusan akhir terjual atau tidaknya produk berada di tangan konsument
c.       Berkumpulnya para penjual yang menjual jenis produk yang sama di satu tempat mengakibatkan persaingan semakin ketat
d.      Perbedaan budaya yang tertanam di sekitar wilayah penjualan, yang dapat membuat sebagian produk tidak diminati.
e.       Memonopoli bahan baku berkualitas yang dilakukan oleh perusahaan besar sehingga perusahaan yang lain kesulitan mendapatkan bahan baku tersebut

2.Societal Environment
a.       Daya beli masyarakat yang tidak menentu
b.      Naiknya harga suatu barang karena ketetapan pemerintah yang memicu naiknya harga barang lain
c.       Tren yang dimiliki masyarakat
Mesin produksi yang berkembang sehingga dapat memaksimalkan produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar